display this

Senin, 30 Mei 2022

Lutfi Halide Launching Aksi Perubahan Gerakan Pusaka Umat dan Pusat Berkah

Lutfi Halide Launching Aksi Perubahan Gerakan Pusaka Umat dan Pusat Berkah


Kabarta.com Soppeng--- Wakil Bupati Soppeng Ir. H. Lutfi Halide, MP didampingi Kepala kemenag Kabupaten Soppeng, Camat Liliriaja, dan  ketua Baznas Kabupaten Soppeng melaunching  kegiatan aksi perubahan gerakan Pusaka Umat ( Pemberdayaan Unit Pengumpul Zakat) sebagai pilar Filantropy Ekonomi Umat dan Pusat Berkah (Revitalisasi Unit Pengumpul Zakat Masjid sebagi pilar Filantropy ekonomi umat berbasis keluarga jamaah di halaman masjid nur Abba. Kelurahan appanang kecamatan liliriaja kabupaten Soppeng, Senin, (30/5/2022).

Ketua  panitia Muhammad Yunus, SAg. M.Pd.I (kepala penyelenggara zakat wakaf kemenag Kabupaten Soppeng) dalam laporannya menyampaikan bahwa, kegiatan ini  bertujuan untuk  mensosialisasikan Kebijakan  dan Program pemerintah tentang pembinaan dan pemberdayaan umat islam berbasis masjid, serta  terpenuhinya amanah inovasi aksi perubahan sebagai bagian rangkaian adiklat pim Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP).

Wakil Bupati Soppeng, Ir. H. Lutfi Halide, MP dalam sambutannya Menyampaikan bahwa, Kegiatan seperti ini bukanlah hal baru, karena dulu waktu saya kecil setiap hari Jumat orang tua saya memberikan saya beras untuk dibawa ke Masjid untuk disedekahkan, sehingga dengan adanya kegiatan aksi ini saya minta kepada Kepala Kemenag kabupaten Soppeng agar lebih memperjelas arahnya, jika perlu buat SOP (Standard Operating Procedure ) agar pelaksanaan kegiatan ini jelas.

"Saya berharap pula, ada baiknya jika kita melakukan program Asbatik (Ase, Bale, Itik) di sekitaran Masjid serta membuat wisata kuliner agar dapat menjadi daya tarik bagi masyarakat luar yang melintas di Kabupaten Soppeng. Karena masjid yang ada di Kabupaten Soppeng ada dimana-mana, sehingga kegiatan Asbatik maupun kegiatan Pemberdayaan unit pengumpul Zakat (UPZ) Masjid dan kegiatan Mabessa ini  harus kita jalankan dan galakkan karena semakin cepat semakin bagus, sehingga diharapkan agar Kecamatan lain dapat mengikuti program ini", harapnya. 

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Soppeng H. Fitriadi, S.Ag.,M.Ag menjelaskan bahwa, kegiatan ini merupakan salah satu poin yang ada di Visi, Misi Kementerian Agama yaitu meningkatkan kualitas umat beragama untuk menjalankan ibadah dengan salah satu sasaran strategis meningkatnya pemanfaatan ekonomi keagamaan umat islam. 

"Kementerian agama berkewajiban memaksimalkan upaya untuk mencapai sasaran tersebut melalui berbagai program kegiatan. Dan untuk mewujudkannya tentu segenap stakeholder mesti diajak berkolaborasi berjalan seiring menata dan membina memberdayakan umat. Salah satu wadah peningkatan kualitas umat beragama, khususnya agama islam adalah melalui mesjid, yang merupakan pusat kegiatan umat Islam", ungkapnya.

oleh karena itu tambah Fitriadi, melalui gagasan aksi perubahan ini ada 3 aspek didalamnya yaitu pembentukan atau revitalisasi unit pengumpul zakat masjid, gerakan segenggam beras sedekah, dan pemberdayaan ekonomi masjid dan jamaah. 

"Kami berharap kegiatan ini akan menjadi mata rantai yang terintegrasi dalam pembinaan umat dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat berbasis keluarga jamaah. Dari masjid nur Abba Kec. Liliriaja ini, kita memulai mencanangkan Pusaka Umat sebagai pusat keberkahan, merangkai kebersamaan seluruh stakeholder dan jamaah masjid, kelompok majelis taklim,  pemuda/remaja masjid dan kelompok binaan lainnya kita berharap keberadaan masjid dapat  memberikan manfaat bagi jamaah lainnya dan masyaraat lingkungannya"pungkasnya. 

Dalam kegiatan tersebut dilakukan Penandatanganan MOU antara Kepala Kantor Kemenag (H. Fitriadi, S.Ag.,M.Ag) dan Ketua Baznas Kab. Soppeng (KM. Satturi, S.Pd.i,M.Pd).
 
Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan Zakat Produktif oleh Wakil Bupati Soppeng kepada kelompok usaha majelis taklim Nur Abba dan penyerahan Bantuan kepada para mustahik (dari wilayah Masjid Nur Abba yang merupakan dari hasil gerakan Mabessa) oleh Wakil Bupati Soppeng, Kepala Kemenag Kab. Soppeng, Ketua HIPMI Kab. Soppeng, dan Ketua Baznas Kab. Soppeng.

Turut hadir, Kadis PPK, UKM Kab. Soppeng, para Camat se Kab. Soppeng, Kapolsek Kec. Liliriaja, Danram Kec. Liliriaja, Ketua MUI Kab. Soppeng, Ketua dan Anggota Baznas Kab. Soppeng, Ketua Dewan Masjid Indonesia Kab. Soppeng, Ketua BKMT Kab. Soppeng,  Ketua HIPMI Kab. Soppeng, para Kepala KUA Kecamatan se Kab. Soppeng, para Kepala Desa/Lurah se Kecamatan Liliriaja, para penyuluh Agama Islam Kementerian Agama Kabupaten Soppeng(**)

BACA BERITA TERKAIT

BACA JUGA

© Copyright 2019 KABARTA | All Right Reserved